Resensi Buku Jangan Pernah Menyerah

Semangat dalam Berhijrah





Judul                  :       Jangan Pernah Menyerah        
Pengarang        :       Aldilla Dharma
Penerbit             :       Qultum Media
Tahun Penerbit :      2015
Harga                  :      Rp. 50.000
Hal. Buku           :      x + 202 halaman


            Buku ini dirancang untuk mengangkat semangat berhijrah yang biasa diterapkan dalam realitas saat ini. Buku ini juga membahas bagaimana cara agar kita bisa lebih dekat dengan Allah SWT, cara agar kita tidak takut untuk gagal,cara mengoptimalkan ibadah,cara menyempurnakan hijrah kita, dan juga cara menjadi sosok perempuan yang didambakan oleh Allah SWT dan suami kita nanti.

            Hijrah adalah berpindah, dari satu tempat ke tempat yang lain. Dalam Bahasa Arab yang berarti meninggalkan,menjauhkan diri, dan berpindah tempat. Hijrah ini bukan lagi perpindahan tempat namun lebih esensial yaitu perpindahan karakter dari sifat-sifat yang buruk menuju sifat-sifat yang baik. Perubahan menuju lebih baik dalam segala hal semata-mata untuk kebaikan,manfaat, dan karena mencari ridha Allah SWT.

            Saat ini, kebanyakan orang lebih senang dan sering memikirkan hal-hal duniawi ketimbang memikirkan hal-hal di akhirat nanti. Banyak orang yang menganggap remeh tentang hijrah, beberapa orang mungkin akan mencela. Mengatakan usaha yang kita lakukan akan sia-sia. Mengatakan kalau orang tersebut tidak pantas untuk menjadi lebih baik. Atau, bahkan hanya diam memandang dengan tatapan mencibir. Padahal Hijrah itu suatu perubahan yang baik dan menguntungkan untuk diri sendiri. Mulai dari manfaat berhijrah dan tahapan-tahapan hijrah yang sudah kita kerjakan  akan dibahas di buku ini.

            Secara umum, buku ini berisi dasar-dasar semangat dalam berhijrah dan juga isinya merupakan kisah masa lalu dari si penulis. Bagaimana sih cara agar kita semangat dalam berhijrah? Apa sih yang harus dilakukan agar kita optimal dalam beribadah? Sudah sampai mana hijrah kita? Semuanya bermuara pada sejumlah nasihat – nasihat sederhana dan beberapa dalil alquran serta hadits-hadits yang membantu untuk menyikapi permasalahan. Buku ini juga menceritakan kegagalan yang pernah dialami para tokoh-tokoh ternama seperti Abraham Licoln (presiden Amerika ke-16) dan Thomas Alva Edison (penemu lampu).

            Buku ini mampu menyadarkan para pembaca untuk bersikap sesuai dengan syariat Islam dan selalu menuntut ilmu terutama tentang Agama Islam. Dengan membaca buku ini, Anda dapat merenungkan mana yang baik dan benar. Di buku ini banyak bertabur kata-kata bijak seperti “Barang siapa yang berhijrah di jalan Allah,niscaya mereka mendapati di muka bumi tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak.. (Q.S An-Nisa [4]: 100)”

            Serta kata-kata motivasi seperti “Jangan resah andai ada yang membencimu, karena masih banyak yang mencintaimu di dunia. Tapi resahlah jika Allah membencimu, karena tiada lagi yang mencintaimu di akhirat  -Imam Al Ghazali “.

            Keunggulan buku ini dapat menuntun kita agar kita jangan pernah menyerah dalam melakukan suatu kegiatan/hal-hal yang baik, kertas buku yang berwarna warni membuat para pembaca menjadi semangat untuk membaca buku ini, disertai juga gambar animasi yang dikemas secara menarik dan lucu, cover yang berwarna kuning dengan font besar dan tulisan arab akan bercerita banyak tentang buku ini, warna kuning memang pas sekali untuk menggambarkan bahwa perjalanan hijrah akan berakhir cerah, secerah warna kuning dan tulisan arab di buku ini agaknya untuk lebih menegaskan bahwa buku ini buku motivasi islami, kata jangan pernah menyerah memang selalu ampuh untuk memompa motivasi kita yang suka naik turun. Layout tulisan sungguh enak dibaca dan tidak membosankan.

            Kelemahan dari buku ini dari segi kebahasaan, bahasa yang terlalu memasuki unsur dakwah membuat para pembaca yang awam akan ilmu-ilmu baru mengenai keagamaan sulit memahaminya. Dan di beberapa halaman juga terdapat beberapa kesalahan pengetikan kata.

            Buku ini sama bagusnya dengan buku Jangan Takut Gagal karya dari penulis yang sama juga berisi motivasi dan langkah-langkah yang perlu kita ambil untuk mengubah diri kita menjadi pribadi yang baru dan lebih baik.

            Dapat disimpulkan bahwa buku ini sangat bermanfaat bagi semua kalangan yang tidak membeli buku ini sangatlah rugi karena buku ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan motivasi kita dalam berhijrah.

            Hanya satu saran yang tepat, segera miliki buku ini karena buku ini menawarkan langkah-langkah untuk mengubah diri menjadi pribadi yang baru dan lebih baik lagi.





Tolong kalau mau copy artikel-artikel yang saya buat, izin di kolom komentar di bawah ya :)

Syukron Katsiron :)
            

Komentar

  1. Balasan
    1. Iya silahkan,terima kasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. Iya silakan,terima kasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. Iya silakan,terima kasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  4. izin di copy ya artikelnya ehehe

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Izin copas ya.. Terima kasih

    BalasHapus
  8. Ini termasuk buku fiksi apa non-fiksi

    BalasHapus
  9. Izin copas ya ..... TrimaTerima

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. izin pake dikit kata katanua ya kak

    BalasHapus
  12. Kak buku ini termasuk cerita fiksi atau nonfiksi?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer