Kegagalanku adalah Keberhasilanku


       Berawal dari kisah kegagalan gue selama ini, sebagian kecil peristiwa yang belum lama terjadi sekitar 3 bulan yang lalu. Dan karena peristiwa itu sampai saat ini gue terus-terusan bersyukur tiada henti, karena kuasa Allah SWT. karena do’a dari kedua orang tua dan saudara gue, berkat motivasi mereka gue bisa sampai sekarang, karena perjuangan teman-teman semua yang membuat gue semakin termotivasi. Mungkin ini perjuangannya tidak seperti kisah-kisah anak-anak lain yang lebih berat daripada gue, tapi karena satu impian kecil gue yaitu ingin menjadi bagian dari Mahasiswi Institut Pertanian Bogor

17 April 2018

        Tau kan? Tanggal bersejarah bagi kalian anak-anak yang keterima di penyaringan 50% di SNMPTN dan menunggu saat-saat lu bakal keterima SNMPTN atau enggaknya. Pada saat itu juga gue lagi susulan UN matematika di sekolah. Yang lain berusaha buat ngerjain soal matematika dan sementara gue pada saat itu gak mikir kalau nilai UN matematika nanti bakal kayak gimana, gue cuman mikir satu “Gue bakal dapet tulisan berwarna hijau itu atau gak?”. Terkesan agak lebay kalau dipikir-pikir, tapi karena SNMPTN ini orang tua gue banyak berharap buat naruh gue agar bisa menjadi salah satu bagian yang lolos di SNMPTN.
        Gue termasuk anak yang biasa-biasa aja, pinter enggak bodoh enggak. Gue termasuk kalah saing sama temen-temen kelas gue yang kebanyakan ambis banget kalau belajar, gue gak ikut bimbingan belajar yang menggunakan paket emas,silver dan kawan-kawan. Gue ikut les juga cuman 2, Kimia sama Matematika. Gue termasuk anak yang setiap ulangan gak jarang dapet nilai merah, pasti setiap ada beberapa guru mapel yang manggil anaknya untuk remed kadang nama gue terselip disitu. Gue orangnya termasuk gampang minder, sampai teman-teman gue benci sama sifat gue ini padahal they say “gue punya kelebihan yang enggak orang punya” , katanya gue yg jago gambar (padahal mah gambar aja masih suka nyontoh konsep-_-), yang katanya gue cepet banget hafalan (padahal otak gue bobrok bgt masalahnya gue absen terus dari remed wkwk), yang katanya gue cepet paham (lah gue aja suka telmi kalau orang lagi bahas sesuatu -_-). Ya emang jelek banget sifat gue orangnya kurang percaya diri, gak pedulian, dan minderan.
        Karena itu gue pernah sekali “diremehkan” karena mereka gak percaya kalau gue bakal masuk di penyaringan 50% SNMPTN dikarenakan ya nilai gue banyak yang naik turun. Sekian banyak temen gue yang memamerkan nilai mereka yang bagus-bagus, sementara gue dengan cepat menyembunyikan raport gue supaya gak da yang kepo sama nilai gue. Saat penentuan 3 pilihan SNMPTN gue gak pede saat temen gue ada yang nanya “kamu milih apa aja sya?” dan gue sebut pilihan itu tapi dengan rasa yang gak yakin. Karena pilihan itu gue cuman liat dari patokan salah satu mapel gue yang bagus di raport tanpa melihat kemampuan gue selama ini.
        Saat pengumuman jam 17.00 gue sebelumnya sholat ashar dulu, dan makan sore. Gue buka website pengumuman SNMPTN jam 5 lewat 10 menit pake notebook gue, gue liat dan..

MERAH

Gue cuman bisa senyum dan “ahh.. sudah kuduga , gak bakal kayaknya hehe” gue bilang ke ibu gue dan dia bilang “kamu milihnya ketinggian, harusnya yang lain aja. Jangan IPB yang diprioritaskan” gue bilang ke bapak gue dan dia bilang “yaudah bukan rezeki, daftar SBMPTNnya kapan?”. Maaf untuk waktu itu, karena keegoisan gue cuman ngandelin nilai yang bagus dan tanpa melihat kemampuan gue yang pas-pasan dilihatnya. Gue terlalu muluk-muluk memilih sesuatu. Pada saat itu gue baik-baik saja seakan semuanya bisa langsung dilupakan dengan cepat, tapi H+2 pengumuman SNM gue gak bisa membendung tangisan gue, tangisan pecah, seakan dunia runtuh, seakan masa depan gue gak bisa kebaca nantinya, gue menyalahkan diri sendiri, depresi berat datang, seakan usaha selama yang gue lakukan sia-sia.
Berbicara untuk bangkit,dimotivasi orang-orang “ayo, bangkit sya, jangan patah semangat” kedengarannya mudah, tapi gue rasa berat sangat. Saat gue lihat teman-teman yang lain dapet SNM iri benar sangat, hati gue langsung panas, mereka bisa kok gue gak? :”) keangkuhan gue, keegoisan gue mulai memudar, saat itu gue baru sadar kalau gue kurang mendekatkan diri, kurang banyak bercengkerama sama Allah, ibadah gue rasa masih kurang, saat itu gue mulai sadar dan bangkit kembali. Memulai dari awal untuk belajar lagi, dan saat itu gue langsung balas dendam, gue kerahkan pikiran, tenaga, dan mental. 1 bulan lebih gue belajar sendiri di rumah pake 2 buku SBM yang dibeliin sama orang tua gue dan saudara gue, belajar les matematika dari guru SMA gue, belajar dari pemantapan SBM di sekolah. Saat itu gue mencoba buat out dari social media, dan “bermeditasi” supaya gue bisa tenang belajar.


8 Mei 2018

        Test SBM di depan mata!!! Bertemu teman baru saat di kamar kost, mereka-mereka pejuang SBM sama seperti gue berbagi kisah masing-masing. Temen sekamar gue juga ada yang mau daful juga di salah satu PTN di daerah Purwokerto, gue lihat temen-temen se-kost gue pada ambis juga ternyata hehe :’).
Pilihan gue tetap sama seperti kemarin yaitu IPB sebagai pilihan pertama dan kedua, dan dipilihan ketiga gue mengganti pilihan gue tidak sama seperti pilihan di SNM. Dalam pilihan itu gue mencoba merendah diri, karena tau sendiri di SBM ini gue cuman berharap lulus dimana aja walaupun gak di IPB juga gapapa, seenggaknya gue lulus aja udah bikin orang tua gue senang. Gue gak ambil pilihan yang tinggi walaupun sebenarnya masih bisa gue gapai, cuman disini gue gak mau mencoba untuk egois seperti waktu SNM gue liat patokan PG yang menurut gue masih bisa gue lampaui, sebelumnya gue ikut TryOut SBM juga dari salah satu official instagram yaitu @masukptn. Saat gue lihat hasil dan ternyata gue gak lulus di IPB, dua-duanya. Gue lulus di pilihan ketiga. Waktu SBM itu gue jadi gak percaya diri buat bisa masuk IPB, seakan itu semua cuman mimpi yang sulit gue raih.
        Pas SBM pertama tuh ngerjain SAINTEK gitu kan, gue lihat anak-anaknya ya pada serius lah banyak juga angkatan tahun kemarin yang seruangan sama gue, gue lihat ya mereka ambis gitu :’) jadi tambah minder hehe. Gue kerjain SAINTEK gak banyak gitu deh, cuman setengah dari soal SAINTEK :’) sedikit ya. Tawakal terus tawakal, setelah itu ujian TKPA dan katanya nih banyak teman-teman yang merasa kesusahan di TKPA, pas itu gue ngerjain sebisanya, gue berusaha buat isi soal bhs ind dan bhs ing walaupun soalnya panjang-panjang kayak cerpen :”) tapi ttp gue isi sebisanya. Banyak yang bilang GAK BOLEH NEMBAK, gue ada yg nembak kok tapi baca soal dan dipahami soalnya HAHA :v, pake perbandingan 50:50 yee.

        1 bulan berlalu gue selama sebulan gak mikir buat belajar ujian tulis mandiri, kalau ikut mandiri gue punya plan buat pake nilai SBM aja, tanpa harus ke tempat lokasi, karena menurut gue butuh biaya juga buat nginep dan ongkos perjalanan dari rumah ke panloknya. 1 bulan setelah SBM gue bantuin ibu gue jualan, karena waktu itu bulan puasa dan lumayan lah buat ngisi waktu luang daripada di rumah terus.
        Sampai lebaran gue ditanya “esa, siki wis kuliah nang ndi?” gue jawab aja “dereng dapet kuliahan bule/pakle/mbahe/mbak/mas” terus ibu gue dengan bangganya “niate badhe kuliah teng bogor, IPB” dalem hati gue “kalau dapet ya bu :’)”.


2 Juli – 3 Juli 2018

        2 Juli, pas itu gue diajak jalan-jalan sama keluarga ibu gue, rombongan pergi ke Jogja. Seakan hari esok gk pernah gue inget tgl 3 itu kyk langsung skip aja ke tgl 4, OMG. Tapi masih ttp aja sepupu gue ngingetin gue kalau 3 juli 2018 adalah PENGUMUMAN SBMPTN 2018. Gue mencoba untuk selaw, menikmati indahnya pemandangan Pantai Baru, Bantul. Menikmati suasana di Kalibiru. Cari tempat spot pemandangan yang indah (hastag) #momentterindahgue #tenangsaja #semuaakanindahpadawaktunya.
          3 Juli, dan TENG!!!. PENGUMUMAN SBMPTN 2018 , katanya sih pengumumannya jam 17.00 tapi pas gue lihat di IG, PENGUMUMANNYA DI MAJUIN JADI JAM 15.00 YA LANGSUNG SYOK GUE, GERCEP BGT YA PANITIANYA GILE BIKIN GUE HEARTATTACK MENDADAK. Disitu pun gue galau kelimpungan, pusing bukan kepalang, bengong gak karuan, ingin rasanya tidur aja dan gak mau buka pengumuman. Menengok yang sudah-sudah DITOLAK SAMA SNMPTN RASANYA SESAKIT INI, dan ini doi baru muncul apakah dia bakal nolak gue juga wkwkwk.
        TENG JAM 15.00!!! Allahurabbi, mau pingsan gue. Udah di whatsapp gue rame banget grup isinya nanya “eh ada yang udah buka pengumuman sbmptn belum?” GAK USAH NANYA-NANYA UDAH GUE AJA PUSING HAHA. Gue matiin hape gue sebentar, abis itu gue sholat ashar, terus buang sampah, sama main sama sepupu gue, menyibukkan diri seakan gak terjadi apa-apa :’). Akhirnya gue memberanikan diri, saat orang-orang banyak yang berdatangan nanyain kabar “gimana sya, udh buka pengumuman?” DANNN….
       
        Server error…. WHAT THE … :v
        Haduh gini nih yang bikin gue panik, server pake error segala, gue buka sekitar jam 17.00, pas itu lagi lancar jaya internet gue dan servernya gak error. DANN… pas gue buka
        Bismillahirrahmanirrahim

HIJAU

      Ini beneran, seriusan?? MIMPI GAK NIH? Demi apa?? ALHAMDULILLAH YA ALLAH, gue langsung sujud syukur, dirumah ada mbah gue sama sepupu gue, gue peluk semuanya. Gue langsung kabarin semua, saat itu gue gk lihat gue masuk mana. Terus pas gue buka
               
                Selamat! Anda dinyatakan lulus seleksi SBMPTN 2018 di PTN INSTITUT PERTANIAN BOGOR jurusan #### (jurusan masih gue rahasiakan :v wkwk)

        WOY LANGSUNG GIRANG GUE SUBHANALLAH, GAK NYANGKA SAMPE SEKARANG. ALMET BIRU DONGKER AYEM KAMING, TUNGGU GUE DI KOIN IPB WKWKWK
        
          Disini gue nulis tentang kehidupan gue gk bermaksud menyombongkan diri, tapi buat pelajaran aja selama di hidup gue. Selama ini gue selalu mengeluh karena apa yang gue impikan dari dulu gak sesuai jalan, dan gue selalu minder sama apa yang gue punya, padahal ya orang lain anggap gue punya sesuatu yang lebih dari mereka, tapi gue malah mengibaratkan kalau itu semua cuman kelemahan gue. Gue juga terlalu egois dalam memilih keputusan, dan suka gk mikir kemampuan gue sendiri. Jadi lebih ke menyiksa diri dan gk mikir kedepannya nanti gimana. Gue emg suka mikir kalau orang bilang “gue orangnya gampang menyerah dan gak mau konsisten dalam menggapai cita-cita gue atau jurusan yang gue pengin” ya whatever itu pendapat masing-masing, tapi karena kritikan mereka gue jadi tambah semangat meraih mimpi. Seseorang punya alasan untuk mengubah pilihan hidupnya sebelum dia bakal menyesal, gue udah terlanjur menyesal saat SNMPTN karena terlalu egois memilih impian yang diatas kemampuan gue. Makanya disini gue juga lihat kondisi gue, yang tau sendiri kalau belajar aja masih suka diingetin orang tua dulu, dan setiap pelajaran aja gue jarang dapet nilai bagus palingan pas-pasan.

        Gue pernah merenung dan bilang gini …
        Ya Allah , if today i lose my hope please remind me that your plans are better than my dream
        Gue cuman percaya sama jalan yang Allah berikan, Allah udah melukiskan takdir masing-masing seseorang. Lu udah DOA, USAHA, TAWAKAL, INSYA ALLAH. Tapi tetep aja gak dikabulin? Suatu saat Allah bakal ngasih yang terbaik walaupun itu bukan keinginan lu dari awal, karena
Yakinlah! Pilihan Allah yang Terbaik
Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu, Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui (Al Baqarah: 216)
       
        Akan ada hikmah dari setiap kegagalan, akan ada penguat dari setiap keterjatuhan, dan ini semua tergantung dari prasangkamu kepada-Nya, yakinlah bahwa kegagalanmu saat ini adalah keberhasilan yang sebenarnya, kita tidak tahu, kita hanya sok tahu, seolah percaya bahwa ini adalah keburukan yang mutlak, padahal menurut-Nya? Ini adalah yang terbaik untukmu, Allah ingin mempersembahkan yang terbaik untuk hamba-Nya, dan inilah cara Allah mencintaimu dan menjagamu. Jangan bersedih, mari tersenyum, kan masih ada Allah J-         Panji Ramdana


Pesanku Satu...

Jangan Suudzon sama Allah ya J




Sebelumnya gue sangat berterima kasih kepada semua orang yang udah berperan penting dalam hidup gue, baik itu orang tua, guru, saudara, sahabat, dan teman-teman semua. Karena tanpa kalian gue gak bakal bisa seperti ini, punya semangat hidup dan termotivasi sampai sekarang :)



Komentar

Postingan Populer